Kedatangan Microsoft Office iPhone bisa jadi merupakan strategi
baru untuk meningkatkan penjualan software ini. Namun, di satu sisi, hal
ini mungkin saja dijadikan kesempatan untuk membunuh dominasi iPad.
Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Microsoft diketahui memang
tidak membuat Microsoft Office khusus untuk versi iPad. Dengan begitu,
hanya iPhone saja yang bisa membuka bermacam file produktivitas seperti
Word, Excel hingga PowerPoint.
Bahkan, Chris Schneider yang merupakan marketing manager dari
Microsoft mengatakan bahwa mereka sedang tak ingin berkomentar mengenai
rencana keberadaan iPad atau Android. Dikatakan, kedua perangkat
tersebut hanya bisa menggunakan Microsoft dengan peramban internet saja,
bukan lewat aplikasi khusus.
Hal ini dikatakan untuk meningkatkan penggunaan Office dalam
perangkat mobile. Namun begitu, jika hal tersebut tujuannya, bukankah
lebih cocok Office juga disediakan untuk iPad. Hal ini dikarenakan
fungsi iPad kini yang sudah menjadi laptop baru bagi sebagian besar
orang.
Jika bisa dianalisis, sepertinya memang ada niat tersendiri dari
Microsoft. Selain untuk memasarkan Office, Microsoft terlihat seolah
ingin mematikan pasar dari iPad.
Seperti diketahui, iPad sendiri merupakan tablet paling laris hingga
saat ini. menurut IDC, pada kuartal keempat tahun lalu saja, penjualan
tablet sudah bisa dibilang sangat memuaskan. Berdasarkan pantauan
mereka, pada waktu itu, sebanyak 52.5 juta unit tablet telah terjual di
seluruh dunia.
Adapun produsen yang mampu menguasai pasar tablet dunia tersebut
adalah Apple. Dengan jumlah iPad sebanyak 22,9 juta unit, iPad menguasai
market share dunia sebesar 43,6 persen. Meski begitu, untuk pertama
kalinya dalam tahun ini Android berhasil kalahkan dominasi market share
iPad.
Hal ini pun bisa jadi menimbulkan kecemburuan bagi Microsoft dan
produk tabletnya seperti microsoft Surface. Seperti diketahui, penjualan
Surface hingga kini masih belum bisa dibilang membanggakan, hal ini
ditambah dengan penggunaan Windows RT dan 8 yang ternyata tak mampu
menarik minat banyak orang.
Sehingga, bisa saja Microsoft kemudian mencoba untuk mengurangi
pesaingnya dalam dunia tablet ini. Salah satunya, dengan tak
menghadirkan Microsoft Office, salah satu aplikasi perkantoran paling
laris, dalam iPad.
Patut diketahui, keinginan Microsoft untuk menandingi penjualan iPad
sudah terlontar sejak lama. Bill Gates pernah menyatakan yakin bahwa
mereka nantinya akan merasa frustasi. Hasilnya, pengguna iPad maupun
tablet Android akan beralih ke tablet PC, seperti Surface contohnya.
"Pengguna iPad dan tablet Android mungkin tak pernah menyadari, namun
banyak dari mereka frustasi karena tak bisa mengetik, membuat dokumen,
karena tak ada Microsoft Office di sana. Tak ada yang ada di iPad tetapi
tak dimiliki oleh Microsoft," kata Bill Gates.
Yang menjadi pertanyaan, apakah ini memang strategi dari Microsoft? Apakah strategi ini akan berhasil?
sumber : http://www.merdeka.com/teknologi/apa-maksud-microsoft-tak-hadirkan-office-di-ipad.html
0 komentar